Sabtu, 03 Januari 2015

USAHA SEWA LAPANGAN FUTSAL



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Semua orang pasti suka bermain sepak bola, apa lagi untuk kalangan laki-laki muda maupun tua, dengan cara bermain futsal mereka dapat menyalurkan hobi mereka. Tetapi sekarang bermain futsal pun digunakan untuk refresing atau menghilangkan rasa penat mereka karna sibuk bekerja atau bersekolah, futsal pun dapat digunakan untuk sarana olahraga dan melatih kemampuan kita untuk bermain sepakbola. Tak urung banyak yang membuka usaha lapangan futsal, karna banyak peminatnya dan pasti akan dicara banyak orang, dari situ kita dapat membuka keuntungan yang cukup banyak.
1.2  Rumusan Masalah
Untuk menjaga keseimbangan konsep yang akan saya bahas selanjutnya saya akan menyertakan rumusan masalah yang terkait dengan isi dari penulisan saya ini, yaitu tentang :
a.       Apa saja tips-tips yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis Lapangan Futsal ?
b.      Fasilitas apa saja yang seharusnya ada dilapangan futsal dan bagaimana cara memuaskan pelanggan?
c.       Keuntungan dan kendala/masalah yang didapatkan dalam membuka usaha lapangan futsal?
1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan Penulisan ini adalah untuk memperoleh bahan mengenai bisnis Lapangan Futsal yaitu tentang :
a.       Mengetahui apa saja tips-tips yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis Lapangan Futsal.
b.      Mengetahui Fasilitas apa saja yang seharusnya ada dilapangan futsal dan bagaimana cara memuaskan pelanggan.
c.       Mengetahui Keuntungan dan kendala/masalah apa yang didapatkan dalam membuka usaha lapangan futsal.

1.4  Manfaat Penulisan
Ada pun manfaat yang didapat dari penulisan ini agar pembaca lebih mengetahui tentang bisnis Lapangan Futsal.
BAB II
ISI
2.1  tips-tips yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis Lapangan Futsal
a.       Menentukan Lokasi
Usahakan kita memilih tempat usaha yang strategis yaitu disekitar dekat dengan sekolah dan dekat dengan jalan raya karena mempermudah untuk orang-orang mengetahui tempat kita .
b.      Strategi Promosi.
Lakukan promosi secara praktis dan efisien agar konsumen mengenal Bisnis Lapangan Futsal ini. Bisa dengan cara membuat spanduk, dari mulut ke mulut, internet dll.
c.       Mempersiapkan Modal Usaha
Modal usaha sangatlah penting untuk membeli semua peralatan yang kita butuhkan untuk membuka bisnis ini, pasti biaya yang dikeluarkan lumayan banyak, tetapi untung yang kita dapatkan cukup menjanjikan.
d.      Kepuasaan Pelanggan
Dengan membuka usaha toko minuman dan makanan didalam. Maka akan menambah penghasilan kita karena pada saat orang-orang telah selesai bermain futsal pasti akan merasa haus dan lapar dari situlah keuntungan yang kita dapat akan semakin banyak.
e.       Menentukan Harga Penyewaan
Berikan harga awal untuk penyewaan lapangan futsal dengan harga yang tidak terlalu mahal, berikan diskon awal untuk menarik pelanggan untuk datang lagi, karna apabila pelayanan puas harga terjangkau maka akan banyak mendatangkan pelanggan.

2.2  Fasilitas apa saja yang seharusnya ada dilapangan futsal dan bagaimana cara memuaskan pelanggan.
Fasilitas yang bisa kita berikan agar bisa memuaskan pelanggan yang datang yaitu dengan memberikan fasilitas lapangan yang bagus dan luas, fasilitas udara yang cukup agar tidak terlalu panas didalam atau diberikan pendingin ruanganan sediakan juga toko yang berjualan makanan dan minuman karna pada saat mereka selesai bermain futsal pasti haus dan lapar pasti membutuhkan air dan makanan, dan tidak terlalu jauh untuk membelinya ke luar karna di dalam sudah tersedia.
2.3  Keuntungan dan kendala /masalah apa yang didapatkan dalam membuka usaha lapangan futsal.
a.     Keuntungan
-          Membuka lapangan pekerjaan yang baru untuk masyarakat.
-          Mempermudah seseorang utuk menghilangkan rasa penatnya .
-          Menambah pemasukan kita sebagai pengusaha.
b.     Kendala/Masalah
-          Membutuhkan banyak modal
-          Bila kepuasaan pelanggan tidak terpenuhi maka tidak akan ada yang datang kembali.

BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN
Usaha lapangan futsal adalah suatu usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan karena lapangan futsal sangat dicari oleh orang terutama kalangan laki-laki yang ingin menghilangkan rasa penatnya pada saat bekerja atau bersekolah. Biasanya lapangan futsal juga dijadikan sebagai tempat untuk adu pertandingan futsal antar kelas ataupun antar teman. Maka, dengan kita membuka lapangan futsal kita akan mendapatkan untuk yang banyak.

3.2  SARAN
Sebaiknya kita membuka usaha lapangan futsal didekat jalan raya karna jalan raya adalah akses untuk orang berlalu lalang disitu, dan buatlah lapangan futsal di dekat-dekat sekolah sekolah karena pasti banyak murid-murid yang akan bertanding dengan lawan mereka di tempat futsal kita atau menghilangkan penat karna habis belajar.




DAFTRA PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar